Peluang Usaha Petanian di Desa

Peluang usaha pertanian di desa adalah jenis usaha yang bakal selalu hidup dan dibutuhkan. Berbanding terbalik dengan berbagai usaha yang terus berubah dan ditinggalkan, peluang usaha pertanian justru bakal makin bersinar seiring perubahan jaman dan pertambahan penduduk.

Usaha di bidang pertanian adalah usaha yang langsung menangani kebutuhan paling dasar umat manusia: memproduksi bahan pangan. Sudah jelas bukan, manusia butuh makan setiap hari dan merupakan kebutuhan dasar paling utama dibandingkan kebutuhan apapun.

Pertanyaanya, apa saja peluang usaha pertanian di desa yang memiliki prospek dan pasar yang cerah di jaman seperti sekarang ini? Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda jadikan usaha pertanian di desa:

Pertanian Hidroponik
Mengandalkan nutrisi melalui air, inilah sistem pertanian yang bisa mengatasi kelangkaan lahan. Hidroponik adalah sistem yang memungkinkan pengelolaan hasil pertanian dilakukan dalam lahan paling sempit sekalipun.
Selain menciptakan atmosfit udara yang sehat karena oksigen yang diikat tetumbuhan hidroponik, sistem pertanian unik ini juga bisa menghasilkan komoditas yang cukup untuk mencukupi kebutuhan keluarga.
Hidroonik adaah peluang usaha pertanian yang bisa dikembangkan baik di desa maupun di kota karena tidak butuh lahan luas sebagaimana pertanian konvensional. Tetapi karena berbagai keterbatasan, sistem hidroponik juga tidak bisa menumbuhkan segala jenis tanaman.

Melainkan hanya jenis-jenis tumbuhan tertentu saja. Namun jika dikelola dengan serius, bagi Anda yang tinggal di kota, pertanian hidroponik bisa menjadi peluang yang menciptakan pendapatan yang tinggi karena mudah sekali menjual hasilnya. Juga terutama bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur keluarga.
Budidaya tanaman rempah
Bahkan ratusan tahun lampu orang-orang Eropa rela menyeberang samudra demi mendapatkan rempah-rempah di negeri ini. Rempah adalah komoditi yang tak hanya juara dipasarkan di luar negeri tetapi juga laris-manis di pasar lokal.
Jika Anda tinggal di desa dan memiliki lahan pertanian, membudidayakan rempah adalah salah satu peluang usaha pertanian di desa yang bisa mendatangkan rejeki melimpah untuk Anda.
Tanaman rempah tak hanya hebat dalam menyulap segala jenis makanan menjadi nikmat dilahap melainkan juga memiliki kandungan yang luar biasa dalam menyehatkan tubuh. Kandungan-kandungan zat yang ada dalam setiap tanaman rempah mengandung berbagai bahan yang bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel