Manfaat Daun Dewa Atau Sambung Nyawa



Sebagian orang masih belum mengenal daun dewa. Daun dewa memiliki tinggi sekitar 30-40 cm dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar 10 cm. Daun dewa merupakan tumbuhan yang tegak, dengan batang daun pendek lunak berbentuk segi lima dan penampang berbentuk lonjong, serta berambut pada sisi luar. Daun dewa (gynura procumbens) atau biasa dikenal dengan daun sambung nyawa ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di Indonesia, daun dewa sering kali dijadikan sebagai jamu. Bagian yang sering digunakan sebagai pengobatan yaitu daunnya yang mengandung senyawa flavonoid, saponin dan minyak atsiri. Pengolahan daun dewa dapat dengan daun segar yang disajikan langsung.
Baca: Jeruk Nipis dengan Khasiat dan Efek Sampingnya

1. Mengobati kanker payudara
Daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut peroksidase. Sebuah studi tahun 2013 dari Universiti Sains Malaysia yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE menemukan bahwa protein ini bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa daun dewa berpotensi untuk menjadi pilihan pengobatan kanker payudara.

2. Mengobati herpes
Satu penelitian kolaborasi dari tim periset Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2 untuk menggandakan diri dalam tubuh. Temuan manfaat daun dewa yang satu ini diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013.

3. Efek perlindungan organ
Efek perlindungan daun dewa terhadap kerusakan jaringan dan organ tubuh juga telah dievaluasi.Daun dewa ditemukan memberikan efek gastroprotektif karena memberi ekstrak etanol secara signifikan mengurangi area ulkus lambung. Dalam sebuah studi tentang kerusakan kulit, properti antiphotoaging dari daun dewa telah ditemukan menyebabkan penghambatan yang signifikan dari iradiasi ultraviolet dalam fibroflast dermal manusia. Selain itu daun dewa juga ditemukan memiliki efek proteksi pada ginjal dan hati.

4. Mengobati diabetes
Daun dewa banyak dicari untuk pengobatan berbagai macam penyakit kesehatan seperti diabetes, demam, sembelit, dan hipertensi. Daun dewa juga dipercaya ampuh mengobati sakit ginjal dan rematik. Sebuah studi ulasan yang diterbitkan di jurnal Frontiers of Pharmacology melaporkan bahwa manfaat daun dewa ini datang dari kandungan penyembuhnya yang serba ada — mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antihiperglikemik, antikanker, antibakteri, antioksidan, hingga anti-peradangan.

Selain itu temuan efek daun dewa tersebut masih terbatas karena dibuat berdasarkan uji sampel pada sel, jaringan, atau pada tikus percobaan di laboratorium.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel