MANFAAT DARI TAKOKAK ATAU SERING DISEBUT TARONG KOKAK


Nama latin dari buah takokak adalah Solanum torvum. Sebagian Negara luar menyebutnya dengan nama turkey berry atau juga disebut mini-eggplant. Buah ini berbentuk bulat kecil-kecil yang mirip dengan leunca. Buah ini berwarna hijau ketika masih muda dan kuning ketika sudah mulai masak atau tua. Bagi anda yang menyukai makanan lalapan mungkin pernah menyantap buah tersebut karena biasanya disebagian daerah, buah takokak sering disajikan dalam porsi makanan lalapan.





Dilansir dari GridHealth dalam artikel 'Sering Dianggap Tanaman Liar, Takokak Bantu Meredakan Asam Urat', berikut manfaat menakjubkan dari tanaman Takokak

1. Mengatasi gejala anemia

Ini adalah manfaat utama dari Takokak. Mengandung zat besi yang tinggi, merupakan kunci untuk pencegahan anemia dengan merangsang produksi sel darah merah.

2. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Takokak juga baik untuk penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan secara umum seperti diare dan sakit perut. Sayur ini bekerja dengan menetralkan asam lambung, yang bertanggung jawab atas masalah pencernaan.

3. Mencegah cacing usus

Konsumsi takokak secara teratur berkontribusi terhadap pencegahan cacing usus atau cacing pita. Cacing pita adalah parasit yang dapat menginfeksi kita yang berasal dari makan daging mentah atau minum air yang terkontaminasi. Jika diabaikan, cacing pita dapat membentuk abses besar di dalam organ manusia.

4. Membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2

Takokak membantu pengobatan diabetes, yang merupakan kondisi permanen di mana jumlah kadar gula darah tinggi di dalam darah. Diabetes juga dikategorikan menjadi dua; diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

5. Menyembuhkan pilek dan gejala flu


Pilek dan flu adalah salah satu penyakit paling umum. Kabar baiknya adalah, takokak dapat digunakan untuk pemulihan flu! Yang dibutuhkan hanyalah membuat sup panas dari buah ini.



7. Melunakkan lendir dan dahak


Lendir dan dahak dapat muncul karena flu dan batuk. Caranya adalah dengan mengeringkan buah ini dan menumbuknya menjadi bubuk. Lantas, kita bisa mengonsumsinya menjadi minuman yang diseduh seperti teh.



8. Meminimalkan risiko gangguan ginjal


Menurut penelitian, takok membantu pencegahan dan pengobatan penyakit ginjal. Dan bahkan membalikkan nekrosis tubular serta menghentikan sumbatan glomerulus.


9. Menghindari penyakit kardiovaskular dan stroke

Antioksidan kuat kadarnya dan komplet di buah ini. Mulai dari flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, torvosida, dan lainnya. Berkontribusi sebagai perlindungan utama dari penyakit kardiovaskular dan juga stroke.


10. Mengatur menstruasi



Takokak mengatur menstruasi dengan menormalkan siklus menstruasi reguler, dan juga meminimalkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengannya.


11. Menyembuhkan asam urat


Akhirnya, inilah fungsi yang paling dikenal dari takokak, yaitu menyembuhkan asam urat dan gejala yang terkait, seperti kemerahan dan rasa sakit dengan membantu membuang asam urat dari tubuh.
Caranya dengan mengonsumsi langsung 5-10 buah takok setiap hari. Jika tidak suka dengan rasanya, kita dapat mencelornya atau yang lebih enak lagi di masak dengan taek lalah atau ampas dari pemasakan minyak goreng kelapa. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel